Macam-Macam Cara Cek Keaslian Smartphone Xiaomi Anda

Siapa yang tidak takut tertipu membeli smartphone baru? Sudah membayar dengan sejumlah uang asli, tentunya Anda tidak ingin mendapat barang palsu yang kualitasnya di bawah barang asli. Pastinya Anda dirugikan. Lalu adakah cara untuk menghindari kebagian smartphone palsu?

Kenali Cara Identifikasi Keaslian Produk Anda

Sebenarnya Anda dapat menghidari masalah seperti ini dengan cara membeli smartphone dari penjual resmi. Untuk smartphone Xiaomi, tentu saja distributor resminya adalah Telethama Artha Mandiri (TAM) Erajaya. Pastikan ponsel yang dibeli memiliki stiker TAM pada dusnya.

Namun ada kalanya Anda tidak bisa mendapatkan ponsel Xiaomi dari distributor resmi, misalnya karena alasan ketersediaan stok di toko atau keterbatasan dana sehingga memilih beli dari distributor lain yang menawarkan harga lebih murah. Jika sudah begini, tak ada salahnya Anda menyimak tutorial xiaomi untuk memastikan keasliannya.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan cek IMEI yang biasanya tertera di dus, biasanya menempel di body belakang smartphone, dial ke *#06# dan dari status yang ada di Setting. Catat nomor IMEI tersebut kemudian lakukan pencocokan ke situs resmi Xiaomi untuk keperluan verifikasi produk yaitu di http://www.mi.com/verify/#imei_en

Dari link tersebut, Anda perlu menginput nomor IMEI di kolom yang tersedia lalu memasukkan kode keamanan yang diperlihatkan di situs untuk memastikan bahwa pengguna bukanlah robot. Setelah itu Anda akan mendapatkan informasi apakah IMEI tersebut merupakan identitas produk yang telah dibuat Xiaomi ataukah bukan.

Verifikasi menggunakan IMEI ini merupakan cara yang paling akurat dan efektif mengingat nomor ini merupakan identitas unik setiap perangkat. Meskipun IMEI diduplikasikan, kecil kemungkinan perangkat yang digunakan merupakan tipe relevan dengan pilihan warna yang sama pula. Jika ditemukan kejanggalan, Anda bisa melakukan proses lebih lanjut.

Cara lainnya, Anda bisa menggunakan QR Code Mi Verification untuk melakukan proses verifikasi menggunakan ponsel lain. Jadi Anda yang bisa menginstal aplikasi untuk melakukan verifikasi pada perangkat lain. Dengan kata lain, Anda dapat melakukan verifikasi ke beberapa perangkat tanpa harus ribet bolak-balik menginput IMEI.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memeriksa keaslian produk Xiaomi. Memastikan membeli perangkat dengan cara yang resmi akan sangat berpengaruh pada pengalaman penggunaan dan berbagai layanan penting lainnya. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>